Bupati Asahan: Al-qur’an sebagai Pedoman Hidup Umat Islam

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan memperingati Malam Nuzulul Qur’an 1443 H di Masjid Agung H Achmad Bakrie Kisaran, Senin (18/4/2022) malam.

topmetro.news – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan memperingati Malam Nuzulul Qur’an 1443 H di Masjid Agung H Achmad Bakrie Kisaran, Senin (18/4/2022) malam.

Peringatan Malam Nuzulul Qur’an dihadiri Bupati Asahan, Wakil Bupati Asahan, Kajari Asahan, Dandim 0208 Asahan, Kapolres Asahan, Ketua PN Kisaran, Danlanal TBA, Ketua PA Kisaran, Sekda Asahan, Asisten, OPD, Camat, ASN, Ketua/Wakil PKK Asahan, Ketua MUI Asahan, Ketua Imtaq Asahan, Ketua BKM Agung H Achamd Bakrie Kisaran dan jama’ah.

Bupati Asahan H Surya BSc dalam pidatonya mengatakan peringatan Nuzulul Qur’an bukan hanya sekedar simbol turunnya Kitap Suci Al-qur’an, namun dapat menjadi momen kebangkitan umat dan banyak makna terkandung di dalamnya. Al-qur’an sebagai sumber hukum agama hendaknya dapat dijadikan sebagai dasar dan pedoman hidup bagi seluruh Umat Islam.

Selanjutnya Bupati mengatakan ada 3 makna yang terkandung dalam peringatan Nuzulul Qur’an. Yakni membudayakan membaca Al-qur’an bagi Kaum Muslimin. Masyarakat mampu menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada dalam Al-qur’an. Lalu masyarakat dapat berpikir logis dan bertindak sesuai hukum yang terkandung dalam Al-qur’an.

Di akhir pidatonya, Bupati mengatakan Nuzulul Qur’an juga mempunyai makna pemersatu umat. Sebagai sumber dan pedoman umat yang utama, Umat Islam seluruh dunia membaca Al-qur’an dengan cara dan bahasa yang sama.

Sementara Ustadz Dr H Azhar Sitompul MA dalam tausiahnya mengajak seluruh jama’ah untuk mengamalkan Al-qur’an dalam kehidupan sehari-hari, karena Al-qur’an merupakan Firman Allah SWT yang menjadi petunjuk bagi manusia.

“Mari kita meningkatkan silaturrahmi antara sesama dan meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT khususnya dalam Bulan Suci Ramadhan ini. Tunaikan ibadah puasa, infaq, sedekah, tarawih, tadarus, dan ibadah lainnya,” katanya.

penulis | EN

Related posts

Leave a Comment